Pentingnya Sarapan Pagi

Share:
Kebanyakan dari kita mengabaikan pentingnya sarapan sehat di pagi hari, hal ini ditimbulkan karena berbagai alasan yang dijadikan pembenaran sebagian besar orang untuk mengabaikan sarapan sehat di pagi hari.  Di mulai dari menghemat, kesibukan, karena lupa, ataupun keterbatasan waktu di jadikan alasan untuk mengabaikan sarapan di pagi hari. Padahal sarapan pagi sendiri, tidak harus dengan makan nasi ataupun lauk pauk seperti anda makan malam atau siang pada umumnya. Tapi sarapan pagi bisa juga dilakukan dengan sereal, roti atau makanan yang memiliki kandungan karbohidrat lainnya. Sedangkan untuk pelaksanaannya sarapan pagi hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 15 menit. Jadi tidak ada lagi alasan bahwa itu tidak mungkin di lakukan.

Menurut penelitian, kurang dari 50%  anak Indonesia sarapan sebelum jam sembilan pagi. Akibatnya secara fisik tumbuh kembang anak akan mengalami kendala, bahkan hal lain yang bisa terjadi pada sang anak tersebut adalah berpengaruh pada perkembangan kecerdasan mereka. 

Jika sarapan pagi memiliki beberapa keuntungan yang positif maka itu berarti sarapan pagi adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh siapapun demi kesehatan, kecerdasan serta memberi tenaga dalam menjalankan aktifitas setiap hari.

Perlu di ketahui bahwa, sebenarnya sarapan pagi memiliki dua aktor utama yang harus di perhatikan yaitu bahwa sarapan pagi tidak harus kenyang tapi yang terpenting adalah makanan tersebut sehat dan yang kedua adalah ketika melakukan sarapan pagi usahakan itu di lakukan dengan tepat waktu. Tepat waktu di sini memiliki arti bahwa sarapan pagi yang benar itu harus di lakukan sebelum jam sembilan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tips sarapan pagi yang praktis serta sehat untuk anda.

1. Sediakan minuman hangat, ingat hindari minuman yang dapat membuat perut anda tidak nyaman contohnya sperti kopi.
2. Pilihlah makanan seperti sereal yang terbuat dari gandum atau beras merah serta makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi lainnya. Karena makanan tersebut akan memberi rasa kenyang ysang lebih lama.
3. Telur dan susu, karena makanan dan minuman ini dapat melengkapi kebutuhan protein dan lemak.
4. buah segar seperti apel, pisang dan yang lainnya juga bisa di jadikan sebaga alternatif untuk  sarapan pagi.

Itulah beberapa tips sarapan pagi buat anda. Semoga itu dapat membantu anda untuk lebih memperhatikan sarapan pagi sebagai sesuatu hal yang penting untuk dilakukan. Dan yang terpenting adalah luangkan waktu anda untuk melakukan sarapan pagi setiap hari agar itru bisa menjadi kebiasaan hidup sehat anda.